KASIAT RUMPUT TEKI DAN MANFAATNYA BAGI KESEHATAN

Kasiat rumput teki ternyata sama seperti Obat Titan Gel dan Banyak kaum wanita yang mengalami masalah menstruasi, setiap kali tamu bulanan itu datang mereka mengalami kesakitan seperti pusing, mual dan sakit yang melilit pada perutnya. Menstruasi memang menjadi sesuatu yang sangat menakutkan bagi para beberapa wanita yang mengalami gangguan menstruasi. Sebenarnya gangguan menstruasi bisa diatasi dengan cara yang alami tanpa obat obatan.Rumput Teki (Cyperus Rotundus L) berdasarkan sebuah penelitian, mengandung minyak atsiri, alkaloid,glikosida dan flavonoid. Minyak Atsiri yang terdapat pada umbi (rimpang) rumput teki inilah yang diduga memiliki efek estrogenik yang berperan penting dalam dasar pengobatan untuk mengatasi berbagai gangguan menstruasi.

Rumput teki juga bisa dijadikan sebagai bahan obat seperti Obat Titan Gel yang terbuat dari bahan bahan herbal dan manfaatnya baik untuk kesehatan tiubuh manusiua
Rumput Teki (Cyperus rotundus .L) atau terkadang disebut Teki, Mota, Koreha wai, Rukut Teki, Rukut Wuta adalah rumput palsu (batang segitiga) yang dapat hidup sepanjang tahun dengan ketinggian 10 sampai dengan 75 cm. Beberapa negara memberi nama tanaman ini : Musta, Mustaka, Mutha, Mothan, Nagamothan, Xiang Fu, Nutgrass, Tirirca, Tagernut, Hama-Suge, So Ken Chiu, Tage-Tage. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di kebun, ladang ataupun tempat lain dengan ketinggian sampai 1000 m dari permukaan laut. Tanaman ini mudah dikenali karena bunga-bunganya berwarna hijau kecoklatan, terletak di ujung tangkai dengan tiga tunas helm benang sari berwarna kuning jernih, membentuk bunga-bunga berbulir, mengelompok menjadi satu berupa payung. Ciri khasnya terletak pada buah-buahnya yang berbentuk kerucut besar pada pangkalnya, kadang-kadang melekuk berwarna coklat, dengan panjang 1,5 - 4,5 cm dengan diameter 5 - 10 mm. Daunnya berbentuk pita, berwarna mengkilat dan terdiri dari 4-10 helai, terdapat pada pangkal batang membentuk rozel akar, dengan pelepah daun tertutup tanah. Pada rimpangnya yang sudah tua terdapat banyak tunas yang menjadi umbi berwarna coklat atau hitam. Rasanya sepat kepahit-pahitan dan baunya wangi. Umbi-umbi ini biasanya mengumpul berupa rumpun.

Komentar